Home » , » Bagaimana Olahraga yang Baik Untuk Kesehatan?

Bagaimana Olahraga yang Baik Untuk Kesehatan?

Olahraga Yang Baik

 Olahraga adalah salah satu cara agar kita mempunyai tubuh yang sehat dan kuat, olahraga juga dapat membuat tubuh kita lebih kebal dari penyakit, tetapi tahukah anda bagaimana cara olahraga yang baik?, olah raga yang baik inimal dilakukan dengan baik 30 menit sehari agar bermanfaat bagi kesehatan dan tubuh kita supaya tetap bugar, untuk lebih jelasnya tentang olahraga bisa lihat disini: Wikipedia, apa sajakah yang baik kita dilakukan saat kita berolahraga?.

Bagaimana Olahraga Yang baik Untuk Kesehatan
mereka semangat ya olahraga nya pasti mereka rajin menjaga kesehatan

Tips Yang Baik Dilakukan Saat Olahraga

berikut adalah tips tips ala bilikkesehatan.blogspot.com yang bisa anda terapkan saat berolahraga :
  1. Pertama atur lah waktu yang baik disaat anda berolahraga karena cuaca udara dan tempat sangat berpengaruh loh bagi olahraga anda, berolahraga yang baik hendaknya dilakukan di udara yang terbuka dan bebas dari debu dan polusi, waktu olahraga yang baik dilakukan minimal 30 menit setiap sore hari, karna menurut penelitian di Farmingham USA, Inggris, Belgia, National University of Singapore dan di jepang bahwa frekuensi serangan jantung biasa terjadi antara pukul 06:00-12:00 siang. Faktor-faktor  yang menjadi penyebabnya adalah cicadian hormone adrenaline yang banyak bersirkulasi dalam tubuh mulai pada pagi hari pukul 04:00 - 09:00. Dan juga aktivitas fibronic yaitu zat pengencer darah dari tubuh sendiri pada pagi hari aktivitasnya akan menurun sehingga darah kita akan relatif lebih kental pada pagi hari.
  2. Yang kedua adalah lakukanlah persiapan sebelum olahraga, pilih kegiatan olahraga yang menurut anda nyaman, entah itu sepeda, yoga, atau lari. lakukanlah olaghraga yang berfariasi agar anda tidak bosa, dan selalu termotivasi untuk berolahraga. Sebaiknya sebelum berolahraga lakukan pemeriksaan dahulu untuk menentukan olahraga apa yang cocok untuk tubuh anda, terutama jika anda mempunyai keluhan seperti sering sesak nafas, nyeri badan, atau pusing. Untuk wanta atau pria yang diatas 30 tahun sebaiknya menggunakan sepatu dan pakaian olahraga yang nyaman. Jangan olahraga sehabis makan ya, tunggulah kurang lebih 2 jam sebelum anda berolahraga. Olahraga dapat dilakukan dimana saja asalkan tempatnya nyaman, bebas polusi, dan tidal menimbulkan cedera saat berolahrga, contohnya seperti di rumah, lapangan dan tempat kerja.Frekuensi olahraga sebaiknya dilakukan 3-5 kali seminggu dengan teratur.
  3. Yang ketiga, perhatikanlah apa yang anda lakukan disaat anda berolahraga, mulailah olahraga dengan oahraga yang ringan seperti senam aerobik low-impact beberapa kali dalam seminggu. Olahraga seperti Tenis yang berjenis high-impact sebaiknya dilakukan secara bertahap, apabila anda kesulitan untuk berolahraga dirumah cobalah anda membeli video olahraga yang anda bisa lakukan dirumah. intensitas olahraga, untuk menaikkan kekebalan tubuh usahakan agar mencapai 70-85% denyut nadi maksimal (DNM). DNM merupakan denyut nadi maksimal yang dihitung berdasarkan: DNM = 220 - umur untuk membakar 
    lemak yang mempunyai tingkat intensitas yang ringan yaitu 60-70% DNM. Contoh : seseorang yang mempunyai umur 40 tahun berarti mempunyai 220-40 = 180 DNM, jadi untuk membakar lemak harus mencapai denyut nadi 60% X 180 = 108 s/d 70% X 180 = 126. Lakukanlah olahraga bertahap agar menambahkan daya tahan (endurance) selama /2 -  jam. Untuk membakar lemak yang ada didalam tubuh akukanlah selama 1jam lebih.
  4. yang ke empat, perhatikanlah setelah anda berolahraga janganlah langsung makan dengan kenyang saat sehabis berolahrag, makanlah makanan yang lunak dan cair agar mudah dicerna oleh tubuh, sebaiknya makan besar sebelum olahrag tunggulah sampai satu jam, gizi yang cukup juga penting, karena badan kita banyak bergerak, mungkin kita butuh lebih banyak kalori agar kita tidak kehilangan berat tubuh kita, minumlah air secukupnya agar mengemballikan cairan tubuh yang hilang saat berolahraga, jangan langsung mandi ya jika badan masih banyak berkeringat, ingat teh,kopi,alkohol dan coklat justru dapat menghilangkan cairan tubuh, ganti pakaian yang digunakan ketika olahraga jika terlalu basah.
  5. Dan yang terakhir, janganlah anda melakukan olahraga saat anda sedang sakit atau demam, jika anda terdapat varises pada kaki atau nyeri sendi lutut sebaiknya janganlah berolahraga yang berhubungan dengan jalan, dan jika anda mempunyai penyakit seperti :tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, kening manis yang tidak terkontrol atau kelainan katup jantung, kita akan mengalami dehidrasi bila tidak cukup minum untuk menambah cairan tubuh, bahkan bisa berakibat kehilangan masa tubuh, lebih parah lagi bisa mengarah pada wasting, apa itu wasting bisa di cek disini Wikipedia , kita dapat melukai diri kita jika melakukan olahraga yang salah, jadwalkanlah olahraga anda 20menit sehari selama 3 kali seminggu, penjadwalan ini dapat memperbiki tubuh kita yang cukup bermakna meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani kita.
Itulah tadi bagaimana cara berolahraga yang baik ala Bilikkesehatan.com mudah mudahan berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, jika ingin tubuh yang sehat harus dimulai hari ini juga jangan ditunda tunda ya dan jangan lupa baca juga tips menjaga kesehatan ala bilikkesehatan : 10 tips Menjaga Kesehatan Tubuh agar tubuh anda bisa lebih maksimal lagi, sekian mungkin artikel dari saya kita ketemu lagi di postingan saya selanjutnya..

2 comments:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete


Powered by Blogger.